Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Semangat Galang Tangguh Ekstrakurikuler Pramuka, Ambalan Ksatria SMKN 1 Kebumen

Tentunya kita dapat memahami dengan baik, kegiatan pendidikan formal dikemas dalam bentuk kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Kurikuler dan kokurikuler telah berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dengan memfokuskan pada pembelajaran klasikal baik dalam kelas maupun di luar kelas. Namun pada sisi lain, ekstrakurikuler juga harus berjalan sesuai dengan standar yang ada. Hal ini mengindikasikan bahwa kegiatan ekstrakurikuler akan sangat mempengaruhi perubahan kompetensi yang terjadi pada peserta didik.

Pramuka Galang Tangguh, Foto dari omahsinaoe.com 

Dalam Permendikbud Nomor 81a tahun 2013 menjelaskan bahwa ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kurikulum standar sebagai perluasan dari kegiatan kurikulum dan dilakukan di bawah bimbingan sekolah dengan tujuan untuk mengembangkan kepribadian, bakat, minat, dan kemampuan peserta didik yang lebih luas atau di luar minat yang dikembangkan oleh kurikulum. 

Kualitas kegiatan ekstrakurikuler di suatu lembaga pendidikan menjadi salah satu indikator kualitas pendidikan di dalamnya secara menyeluruh. Dengan adanya kegiatan ektrakurikuler, peserta didik dapat mengeksplor kemampuan diri dalam bidang nonakademik. Selain itu, Ekstrakurikuler seakan menjadi citra tinggi bagi sekolah/madrasah yang akan meningkatkan daya tarik kepada calon peminatnya. Bahkan dalam sekolah-sekolah unggulan ekstrakurikuler mendapatkan prioritas utama dalam rangka mengangkat prestige sekolah yang dikelolanya.

Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah bermacam-macam, ada yang bersifat pendidikan, kedisiplinan, olahraga, seni dan budaya, dan masih banyak yang lainnya. Diharapkan dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, peserta didik dapat mengatur waktu antara kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan belajar. Selain itu, salah satu manfaatnya adalah dapat meningkatkan prestasi belajar mereka di sekolah.

Berbicara mengenai ekstrakurikuler, ada suguhan menarik dari Ambalan Ksatria Gugus Depan 39-40 Pangkalan SMKN 1 Kebumen. Tepatnya, hari Sabtu dan Minggu (18-19/12/2021), mereka melaksanakan kegiatan Pramuka Galang Tangguh untuk seluruh adik-adik tamu ambalan penegak. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pembinaan pramuka bagi adik-adik pramuka, mengembangkan mental disiplin, fisik, ilmu pengetahuan, pengalaman dan keterampilan. Meskipun dalam kondisi pembelajaran tatap muka terbatas, kegiatan tersebut berjalan lancar dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. 

Pelaksanaan Pramuka Galang Tangguh dibuka oleh kamabigus, Kakak Prayitno. Beliau menyampaikan, "Kita harus berani menghadapi segala rintangan, dengan demikian kita akan menjadi semakin tangguh dan mampu beradaptasi dengan baik. Namun jika takut, itu akan membuat kita menjadi orang yang tidak tangguh." Pesan inilah yang membakar semangat adik-adik pramuka, sehingga rasa lelah menjadi hal yang menyenangkan bagi mereka.

Peran aktif dewan pembina bersama kakak dewan kerja sangat dituntut untuk menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang edukatif. Dengan demikian, melalui keteladanan dan praktik nyata di setiap momen dapat memberikan pengalaman menyenangkan serta mampu menyiapkan generasi pramuka yang tangguh dan berprestasi.

Post a Comment for "Semangat Galang Tangguh Ekstrakurikuler Pramuka, Ambalan Ksatria SMKN 1 Kebumen"